Home » » JENIS TANAMAN OBAT YANG ADA DI INDONESIA

JENIS TANAMAN OBAT YANG ADA DI INDONESIA

Written By Johny Setya on Minggu, 15 Maret 2015 | 22.17




Jenis Tanaman Obat

http://tanamanobatdanpengolahannya.blogspot.com/

Ada beberapa jenis tanaman obat yang dikembangkan di indonesia sebagai alternative pengobatan dan menjaga kesehatan serta stamina tubuh, sejak ribuan tahun yang lalu.
Jenis tanaman obat di Indonesia bervariasi menurut kegunaan dan pengolahannya. Berikut adalah 6 jenis tanaman obat yang selama ini ita kenal ampuh dalam menjaga kesehatan kita :
a.       Akar
Adalah jenis tanaman obat yang diambil akarnya untuk pengobatan seperti misalnya ginseng yang banyak terdapat di Kalimantan dan berfungsi untuk menambah stamina dan kebugaran
b.      Daun
Tanaman obat yang satu ini adlaha tanaman obat yang dimafaatkan bagian daunnyadan ini banyak sekali ragamnya seperti dun sirih, daun papaya dan banyak lagi.
c.       Batang
Jenia tanama obat yang diambil batangnya sebgai alternative eksehatan adlah kayu manis, kayu cenndana dan ada beberapa lagi yang belum populer
d.      Rimpang
Dalam botani, rimpang atau rizoma adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Suku temu-temuan dan paku-pakuan (Pteridophyta) merupakan contoh yang biasa dipakai untuk kelompok tumbuhan yang memiliki organ ini.
Rizoma biasanya memiliki fungsi tambahan selain fungsi pokok seperti batang. Yang paling umum adalah menjadi tempat penyimpanan produk metabolisme (metabolit) tertentu. Rimpang menyimpan banyak minyakatsiri dan alkaloid yang berkhasiat pengobatan. Rizoma yang membesar dan menjadi penyimpanan cadangan makanan (biasanya dalam bentuk pati) dinamakan tuber (umbi batang).
Jenis tanaman obat yang diambil rimpangnya seperti kunyit, jahe dan kencur
e.       Biji
Tanaman obat yang diambil bijinya dan diolah sebagai obattradisional adalah biji alpukat, biji ketumbar dan biji manga yang berfungsi sebagai obat keputihan bagi wanita.
f.       Buah
Tanaman obat jenis yang ini adalah yang paling banyak macamnya, contoh buah belimbing yang bisa menurunkan tekanan darah, buah pare yang berfungsi sebagai pembersih darah alami, buah mengkudu dan banyak lagi lainnya.

Pada tanaman obat tertentu ada beberapa yang bisa dimanfaatkan dari mulai akar, batang, daun dan buahnya. Negara kita termasuk sebagia Negara yang sanagat kaya akan potensi tanaman obatnya, namun kurang mendapat perhatian untuk di ekploitasi sebagai Negara penghasil herbal dunia.
Pada sekitar tahun 1995 sampai tahu 2000-an Prof Hembing Wijaya Kusuma sempat menjadi perhatian masyarakat dengan memperkenalkan tanaman obat Indonesia dan bagaimana mengelolanya. Namun perhatian masyarakat akan potensi alam indoensia itu bernagsur menghilang ditambahkan lagi Pemerintah justru memberikan kompensasi kesehatan berupaa subsidi jaminan kesehatan dan BPJS.

0 komentar:

Posting Komentar

kontak saya

Sponsor

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.