Home » » 6 MANFAAT DAUN SELEDRI BAGI KESEHATAN TUBUH

6 MANFAAT DAUN SELEDRI BAGI KESEHATAN TUBUH

Written By Johny Setya on Rabu, 18 Maret 2015 | 20.17



Seledri

http://tanamanobatdanpengolahannya.blogspot.com/



Ini dia obat penurun tekanan darah tinggi tradisional yang telah dikenal luas dan digunakan oleh sebagain besar orang Indonesia dari zaman dahulu. Tanaman obat yang satu ini sangat mudah sekali ditemui dan biasanya dibuat campuran sup atau untuk penyembuhan bisa di konsumsi sebagai minuman atau jus. Cobalah sekali – kali membuat jus sayuran bila anda terkena tekanan darah tinggi.
Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan jenis tanaman obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Ada 6 manfaat seledri sebagai obat tradisional yang perlu kita ketahui yaitu :
  1. Seledri merupakan jenis tanaman obat yang sangat rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g dan mengandung serat non larut, yang bila dikombinasikan dapat menurunkan berat  dan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker.
  3. Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik.  Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.
  4. Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, yang sangat penting untuk metabolisme yang optimal.
  5. Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, limonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.
  6. Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji, dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.
Dengan mengetahu manfaat yang terkandung dalam seledri hendaknya akan meningkatkan cita rasa kita terhadap sayuran pada umumnya karena disamping aromanya yang sedap kandungan nutrisinya sebagai tanaman obat dapat membantu menjaga kesehata kita sekeluarga.



0 komentar:

Posting Komentar

kontak saya

Sponsor

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.