Home » » MANFAAT PACAR CINA SEBAGAI TANAMAN OBAT

MANFAAT PACAR CINA SEBAGAI TANAMAN OBAT

Written By Johny Setya on Rabu, 18 Maret 2015 | 20.25

Pacar cina

http://tanamanobatdanpengolahannya.blogspot.com/

Punya pacar cina enak kali yahh….? Hehehe..
Namun kali ini yang kita bahas bukanlah pacar cina dengan arti yang sebenarnya, namun tidak lain adalah nama tanaman obat kita selanjutnya. Segala jenis tanaman yang membawa manfaat besar dan menyumbang kesehatan bagi tubuh kita, dapat disebut sebagai jenis tanaman obat.

Pacar cina, culan, pacar culan, kemuning cina, atau bhangear cina adalah tanaman perdu dari famili Meliaceae dengan nama latin Aglaia odorata Lour. yang sering disamakan dengan kemuning (Muraya paniculata). Tanaman ini diperkirakan merupakan tanaman asli Asia Tenggara.
Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2m - 6m dengan banyak cabang, sering ditanam di kebun dan pekarangan atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Memiliki daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling panjang sekitar 13 cm dengan 3-9 helai anak daun bertangkai pendek, permukaan licin mengkilap terutama pada daun muda. Bunganya rapat, panjang 5 cm - 6 cm berwarna kuning dan berbau harum, sedangkan buahnya bulat lonjong, merah, dengan 1-3 biji. Tumbuhan ini tersebar di Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Thailand, Maluku, India, Sri Langka, Malaysia, Sumatera, dan Jawa. Untuk memperbanyak, dapat digunakan cangkokan. Pacar cina banyak tumbuh di bawah 300m di atas permukaan laut, dan di Jawa tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun.

Khasiat pacar cina


Pacar cina berkhasiat menyembuhkan perut kembung, sukar menelan, batuk, bisul dan mempercepat persalinan karena mengandung minyak atsiri, alkaloid, serta garam-garam mineral. Pacar cina juga terbukti dapat menekan penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat. Bunga keringnya dapat digunakan sebagai bahan penambah aroma teh hijau

Tuh bener kan enak punya pacar cina? Masih ragu kalau Asia Tenggara gudangnya tanaman obat? Jangan khawatir Karen tanaman obat lainnya masih banyak yang belum kita bahas disini.

0 komentar:

Posting Komentar

kontak saya

Sponsor

Kunjungan

Diberdayakan oleh Blogger.